2008/09/07

Mandi Janabah (Mandi Besar)

Waktu-waktu yang disunnah kan mandi janabah, antara lain:
a.Mandi pada hari Jum’at
Hadits dari Abu Sa’id Al Khudri ra bahwa Rasulullah saw bersabda:
“Mandi pada hari Jum’at wajib bagi setiap laki-laki yang telah baligh.” (HR. Bukhari Muslim).
“Wajib bagi setiap laki-laki yang telah baligh mandi pada hari Jum’at, bersiwak, dan memakai wangi-wangian jika ada.” (HR. Bukhari-Muslim).
Hadits dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah saw bersabda:
“Barangsiapa mandi, lalu mendatangi shalat Jum’at, lalu shalat sunnah semampunnya, kemudian diam mendengarkan imam berkhutbah hingga selesai, kemudian shalat bersama imam, niscaya diampuni dosa-dosanya yang dia lakukan antara hari Jum’at tersebut dan Jum’at sebelum atau sesudahnya serta ditambah 3 hari.” (HR. Muslim).
Dan masih banyak lagi dalil lainnya yang menerangkan tentang hal diatas.
b. Mandi ketika hendak shyalat hari raya
Para ulama mengatakan bahwa hadits berkenaan dengan mandi ketika hendak shalat hari raya tidak ada yang shahih. Akan tetapi, Al Albani berkata,
“Sebaik-baik dalil yang dijadikan dasar berkenaan dengan mandi ketika hendak shalat hari raya adalah atsar yang meriwayatkan oleh Al Baihaqi melalui jalan Asy Syafi’I dari Zadzan, dia berkata, “Pernah ada seseorang laki-laki bertanya kepada Ali tentang mandi. Ali menjawab, ‘Mandilah setiap hari jika engkau mau.’ Laki-laki itu berkata, ‘Bukan mandi sembarang mandi yang saya maksud.’ Kemudian Ali menjawab, ‘Mandi pada hari Jum’at, mandi pada hari Arafah (ketika hendak wukuf), mandi pada hari nahar (Idul Adha), dan mandi pada hari raya idul Fithri.” Diriwayatkan dari Sa’id bin Al Musayyab, dia berkata, “Amalan sunnah pada hari raya Idul Fithri ada tiga, yaitu: berjalan kaki menuju tempat shalat (tanah lapang), makan sebelum berangkat, dan mandi sebelum berangkat.” (Hadits ini diriwayatkan oleh Al Firyabi, dan sanadnya shahih).
c. Mandi ketika hendak Ihram
“Sesungguhnya Rasulullah saw ketika hendak ihram menanggalkan pakaian berjahit dan mandi terlebih dahulu.” (HR. At Tirmidzi dan Al Hakim).
d. Mandi ketika hendak mengulangi persetubuhan
“Suatu hari Rasulullah saw berkeliling menggilir istri-istri beliau, dan beliau mandi setiap kali hendak mengulang persetubuhan.”
Abu Rafi’ berkata: Aku bertanya, “‘Wahai Rasulullah, apakah Engkau tidak cukup mandi sekali saja (setelah persetubuhan terakhir)? Beliau menjawab, ‘Apa yang aku lakukan itu lebih bersih dan lebih harum.’” (HR. Abu Dawud, An Nasa’I, dan Ath Thabrani).
e. Mandi sehabis memandikan jenazah
“Barangsiapa yang memandikan jenazah, hendaklah mandi sesudahnya.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, dan At Tirmidzi).
“Rasulullah saw biasa mandi karena empat hal, yaitu: karena junub, ketika hendak shalat Jum’at, sehabis berbekam, dan sehabis memandikan jenazah.” (HR. Abu Dawud).
Mandi setelah memandikan jenazah ini hukumnya tidak wajib, akan tetapi hukumnya sunnah.
f. Mandi setelah berbekam
“Rasulullah saw biasa mandi karena empat hal, yaitu: karena junub,ketika hendak shalat Jum’at, sehabis berbekam, dan sehabis memandikan jenazah.” (HR. Abu Dawud).

g. Mandi pada hari Arafah
Para jama’ah haji yang hendak wukuf di Padang Arafah disunnahkan mandi terlebih dahulu. Hal ini berdasarkan hadits:
“Pernah ada seseorang laki-laki bertanya kepada Ali tentang mandi. Ali menjawab, ‘Mandilah setiap hari jika engkau mau.’ Laki-laki itu berkata, ‘Bukan mandi sembarang mandi yang saya maksud.’ Kemudian Ali menjawab, ‘Mandi pada hari Jum’at, mandi pada hari Arafah (ketika hendak wukuf), mandi pada hari nahar (Idul Adha), dan mandi pada hari raya idul Fithri.’” (seperti yang telah dijelaskan pada point b)
Referensi :
- Thaharah Nabi SAW tuntunan bersuci lengkap, Sa’id bin ‘Ali Wahf Al Qahthani.
Umdatul Ahkam Hdits Bukhari Muslim Pilihan, Syaikh Abdul Ghani Al Maqdisi.

Tidak ada komentar:

News Update

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Anda mau membeli atau mencari Buku?


Masukkan Code ini K1-39C35C-1
kutukutubuku.com
Anda malas datang langsung ke toko buku pada saat anda ingin membeli buku,gak usah khawatir anda bisa langsung pesan buku yang anda inginkan hanya dengan melalui website http://kutukutubuku.com.Anda cukup mengisi identitas diri anda dan buku yang anda inginkan.

Berita IT dan Artikel

News Liputan6

Computer Science

Gallery

  Gallery (Friend's 4ever )