2009/01/30

Axis Operasikan BTS Bertenaga Hidrogen

Jakarta - Axis mengoperasikan Base Transceiver Station (BTS) bertenaga hidrogen di Sei Mencirim, Deli Serdang, Sumatera Utara. BTS ramah lingkungan ini menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar yang akan menyediakan tenaga cadangan apabila pasokan listrik PLN mengalami gangguan.

BTS bertenaga hidrogen ini diklaim mengunakan teknologi mutakhir dimana gas hidrogen dikonversikan langsung dalam suatu reaksi elektrokimia menjadi tenaga listrik. Sisa pembuangan dari proses ini adalah air murni, yang sama sekali tidak membahayakan lingkungan.

Sel bahan bakar yang digunakan BTS ini adalah Premion T3000 yang diproduksi oleh P-21 di Jerman. P-21 adalah salah satu dari sedikit perusahaan yang memproduksi sel bahan bakar yang dapat diaplikasikan pada industri telekomunikasi. Sel bahan bakar ini menggunakan gas hidrogen untuk komersial yang dikirimkan ke lokasi BTS dalam bentuk silinder serta dapat memproduksi 3kW tenaga pada 48 V DC saat mesin bekerja.

Sementara Sumatera Utara dipilih sebagai lokasi pertama pemanfaatan sel bahan bakar ini karena telah dilakukan beberapa percobaan baik untuk teknologi sel bahan bakar dan pasokan bahan bakar gas hidrogen. Lokasi ini secara khusus dipilih oleh Axis di Sumatera dari beberapa lokasi menara Axis yang paling sering mengalami kekurangan pasokan listrik PLN.

Umumnya, generator bertenaga diesel akan difungsikan apabila pasokan listrik PLN terganggu, namun pada BTS hidrogen, sel bahan bakar dapat digunakan sebagai pasokan tenaga cadangan.

Muslim Khan, Chief of Technology Officer Axis mengatakan, terobosan ini dapat memungkinkan kami untuk membangun jaringan di area-area yang saat ini belum dapat kami layani. "Kami juga senang bisa menggunakan alternatif energi yang tergantikan dengan biaya yang efektif serta aman bagi lingkungan dibandingkan dengan pembangunan jaringan telekomunikasi dengan metode tradisional," imbuhnya dalam keterangan tertulis.

Sebelumnya, Axis juga telah mengoperasikan BTS bertenaga surya di Minas Barat. Dua menara telekomunikasi yang juga ramah lingkungan ini merupakan bagian dari inisiatif 'Hijau' yang dilakukan Axis untuk menunjukkan komitmen perusahaan dalam menjalankan tanggung jawab terhadap lingkungan di operasional perusahaan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

News Update

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Anda mau membeli atau mencari Buku?


Masukkan Code ini K1-39C35C-1
kutukutubuku.com
Anda malas datang langsung ke toko buku pada saat anda ingin membeli buku,gak usah khawatir anda bisa langsung pesan buku yang anda inginkan hanya dengan melalui website http://kutukutubuku.com.Anda cukup mengisi identitas diri anda dan buku yang anda inginkan.

Berita IT dan Artikel

News Liputan6

Computer Science

Gallery

  Gallery (Friend's 4ever )