2008/07/24

Karakteristik Hati yang Sehat

Santapan Hati yang paling bermanfaat adalah keimanan dan obat paling manjur adalah Al-Qur’an. Selain itu, hati yang sehat memiliki karakteristik sbb:

1.Mengembara ke Akhirat
Hati yang sehat mengembara dari dunia menuju ke akhirat dan seakan –akan sudah sampai disana. Sehingga ia merasa seperti telah menjadi penghuni akhirat dan putra-putra akhirat. Nabi Muhammad SAW bersabda : “Jadilah engkau di dunia ini seperti orang asing atau(musafir)yang melewati suatu jalan”

2.Mendorong menuju Allah SWT
Diantara tanda lain sehatnya adalah selalu mendorong si empunya untuk kembali kepada Allah dan tunduk kepada-Nya. Dia hanay bergantung kepada Allah, mencintai-Nya sebagaimana seseorang mencintai kekasihnya.
Abu Husai al-Waraq berkata:” hidupnya qalbu adalah dengan mengingat Dzat Yang Maha Hidup dan Tak Pernah Mati, dan kehidupan yang nikmat adalah kehidupan bersama Allah, bukan Selain-Nya”. Oleh karena itu, terputusnya seseorang dari Allah lebih dahsyat bagi orang-orang arif yang mengenal Allah daripada kematian, karena terputus dari allah adalah terputus dari al-Haq, sedangkan kematian terputus dari sesama manusia.

3.Tidak Bosan Berdzikir
Tidak pernah bosan untuk berdzikir mengingat Allah SWT. Tidak pernah merasa jemu untuk mengabdi kepada-Nya, tidak terlena dan asyik dengan selain-Nya. Kecuali kepada orang yang menunjukkan ke jalan-Nya, orang yang mengigatkan dia kepada Allah SWT.

4.Menyesal jika Luput dari Berdzikir
Jika luput dan ketinggalan dari dzikir dan wirid, maka dia merasa menyesal,merasa sedih dan sakit melebihi sedihnya seorang bakhil yang kehilangan hartanya.

5.Rindu Beribadah
Hati yang sehat selalu rindu untuk menghamba dan mengabdi keapda Allah SWt, sebagaimana rindunya seorang kelaparan terhadap makanan dan minuman.

6.Khusyu’ dalam Shalat
Jika dia sedang shalat maka dia tinggalkan segala keinginan dan sesuatu yaang bersifat kduniaan. Baginya shalat merupakan kebahagiaan dan penyejuk hati dan jiwa.

7.Kemauannya Hanya kepada Allah
Hati yang sehat hanya satu kemauannya, yaitu segala sesuatu yang diridhai Allah SWT.

8.Menjaga Waktu
Diantara tanda sehatnya qalbu adalah merasa kikir (sayang) jika waktunya hilang dengan percuma, melebihi kikirnya seorang yang pelit terhadap hartanya.

Tidak ada komentar:

News Update

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Anda mau membeli atau mencari Buku?


Masukkan Code ini K1-39C35C-1
kutukutubuku.com
Anda malas datang langsung ke toko buku pada saat anda ingin membeli buku,gak usah khawatir anda bisa langsung pesan buku yang anda inginkan hanya dengan melalui website http://kutukutubuku.com.Anda cukup mengisi identitas diri anda dan buku yang anda inginkan.

Berita IT dan Artikel

News Liputan6

Computer Science

Gallery

  Gallery (Friend's 4ever )